Instal Add Ins Analysis Toolpak di Excel


Apa itu Add Ins "Analysis Toolpak"
Add ins adalah suatu program yang dapat ditambahkan pada program utama (build).  Analysis Toolpak adalah salah satu program tambahan pada microsoft Excel, baik versi 2003, 2007, 2010 dan diatasnya. Program tambahan ini menyediakan analisis data untuk statistik, finansial dan analisis data keteknikan. Analisis statistik yang kompleks apabila dikerjakan menggunakan Analysis Toolpak akan menghemat tahapan dan waktu dalam pengerjaannya.  Setelah data dan parameter setiap analisa telah tersedia di worksheet, maka Analysis Toolpak akan menghitung dan menampilkan hasilnya dalam bentuk tabel maupun bagan sesuai analisis yang digunakan.

Analisa apa saja yang dapat dilakukan Analysis Toolpak
Terdapat 19 macam analisis statistik yang dapat dikerjakan menggunakan Analysis Toolpak diantaranya: 1). ANOVA: single factor, 2). ANOVA: two-factor with single replication, 3). ANOVA: two-factor without single replication, 4). Correlation, 5). Covariance, 6). Discriptive statistic, 7). Exponential smoothing, 8). F-test two-sample for variance, 9). Fourier analysis, 10). Histogram, 11). Moving average, 12). Random number generation, 13). Rank and percentile, 14). Regresion, 15). Sampling, 16). t-test: paired two sample for means, 17). t-test: paired two sample assuming equal variance, 18). t-test: paired two sample assuming unequal variance, 19). Z-test: two sample for means.

Bagaimana cara mengaktifkan Analysis Toolpak
Berikut ini adalah langkah-langkah dalam mengaktifkan Add Ins Analysis Toolpak:
1. Buka worksheet Excel
2. Klik File pada menu bar di atas, kemudian pilih options.













3. Pada menu Excel Options, pilih Add Ins.












4. Terlihat aplikasi Analysis Toolpak belum aktif, Klik Go.












5. Checklist pada Analysis Toolpak dan klik OK.












Bagaimana cara menggunakan Analysis Toolpak
Untuk dapat menggunakan Analysis Toolpak caranya cukup mudah, setelah data dan parameter telah ada di worksheet Excel, maka langkah berikutnya klik Data pada menu bar, kemudian klik Data Analysis pada group tab menu Data. Kemudian pilih jenis analisis yang akan kita gunakan.


selamat mencoba dan semoga bermanfaat...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post

Instal Add Ins Analysis Toolpak di Excel

Apa itu Add Ins "Analysis Toolpak" Add ins adalah suatu program yang dapat ditambahkan pada program utama (build).   Analys...

Joko Suryanto, S.TP., M. Sc
Tahun 2007 hingga sekarang aktif mengajar di Program Studi Teknik Pertanian STIPER Kutai Timur pada minat studi Teknik Sumberdaya Lahan dan Air.
Alamat kontak:
PRODI Teknik Pertanian STIPER Kutai Timur
Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Sangatta Utara, Kutai Timur Kalimantan Timur 75387